MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KEBUPATEN KAMPAR

Sri Wahyuni, (2013) MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KEBUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013700PIPS-E.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X MAN Kampar. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MAN Kampar sedangkan objek penelitiannya yaitu motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kampar yang berjumlah 94 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini ada yang berupa data kualitatif dan ada pula yang berupa data kuantitatif (dari perolehan angket), namun secara keseluruhan tetap akan diolah menggunakan analisa kualitatif yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X MAN Kampar secara keseluruhan dikategorikan “Tinggi” dengan persentase sebesar 72,67% yang berada pada rentang 61%-80%. Tingginya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X MAN Kampar terlihat dari pengukuran terhadap indikator-indikator berikut ini: Siswa tekun mengerjakan tugas; Siswa mengerjakan tugas sampai selesai; Siswa medalami kembali bahan pelajaran yang didapat di sekolah ketika berada di rumah; Siswa serius mendengarkan pelajaran yang dijelaskan oleh gurunya; Siswa menanyakan kepada guru tentang materi pelajaran yang belum dipahaminya; Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru kepadanya; Siswa menyenangi pelajaran yang diberikan oleh gurunya; Siswa tidak mencontek teman dalam mengerjakan tugasnya; Siswa bosan dengan tugas tugas rutin yang monoton; Siswa dapat mempertahankan pendapat-pendapat yang dikemukakannya ketika belajar; Siswa bertanggungjawab dengan pendapat pendapat yang dikemukakannya; Siswa tidak mudah kehilangan kontrol diri baik dalam hal tindakan, kebiasaan dan moral; Siswa melengkapi semua fasilitas yang dibutuhkan ketika belajar; Siswa tidak hanya belajar ketika menghadapi ujian serta Siswa senang mencari dan memecahkan soal-soal yang berhubungan dengan pelajaran yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:54
Last Modified: 19 Oct 2016 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8394

Actions (login required)

View Item View Item