HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU LULUSAN SERTIFIKASI DENGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP) DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULUM DESA SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG

Sawitri Syintia Dewi, (2013) HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU LULUSAN SERTIFIKASI DENGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP) DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULUM DESA SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013698PIPS-E.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kemampuan guru lulusan sertifikasi (variabel bebas/indevenden atau variabel X) dan keterampilan guru melaksanakan desain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan yang signifikan antara kemampuan guru lulusan sertifikasi dengan keterampilan guru melaksanakan desain rencana pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulum desa Sungai Putih Kecamatan Tapung. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sertifikasi, sedangkan objeknya hubungan kemampuan guru lulusan sertifikasi dengan keterampilan guru melaksanakan desain rencana pelaksanaan pembelajaran.Populasinya adalah 12 orang guru sertifikasi, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel.Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dan menguji hipotesis, penulis menggunakan analisis korelasi Spearman rank dan Uji t. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% dan 1% karena ini dibuktikan dari perhitungan hasil nilai hitung adalah (0.984) > tabel (0.591), maka ditolak dan diterima, berarti ada korelasi yang sangat kuat dan signifikan antara kemampuan guru lulusan sertifikasi dengan keterampilan guru melaksanakan desain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulum desa Sungai Putih Kecamatan Tapung. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis dengan taraf signifikan tertentu, sehingga diperoleh data bahwa bahwa t hitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf α = 0.05 maupun α = 0.01 atau dapat ditulis dengan 1.812 <6.0145> 2.763 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan guru lulusan sertifikasi dengan keterampilan guru melaksanakan desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulum desa Sungai Putih Kecamatan Tapung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:52
Last Modified: 19 Oct 2016 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8392

Actions (login required)

View Item View Item