Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN SARANA PRASARANA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 42 PEKANBARU

SILVIA SUCI PURNAMA, - (2024) MANAJEMEN SARANA PRASARANA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 42 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Silvia Suci Purnama (2024): Manajemen Sarana Prasarana Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 42 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya Waka Bidang Sarana Prasarana dalam penggunaan sarana prasarana sekolah. 2) Hasil dari penggunaan sarana dan prasarana sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini yaitu Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana, Kepala Sekolah, Staff Tata Usaha, Guru, Dan Siswa. Objek dari penelitian ini adalah Manajemen Sarana Prasarana Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 42 Pekanbaru. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Upaya yang dapat dilakukan oleh Wakil kepala bidang sarana prasarana dan kepala sekolah dapat dilihat dari pengelolaan sarana prasarana. Dan untuk kualitas pembelajaran kepala sekolah dan Wakil kepala bidang sarana prasarana berupaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Lalu, 2) Hasil dari penggunaan sarana prasarana sekolah yaitu: a) Penggunaan teknologi komputer bisa mendorong siswa lebih aktif dalam belajar, b) Penggunaan sarana ibadah secara optimal untuk meningkatkan akhlak dan pembelajaran agama. c) Penataan kelas, menjadikan siswa kelas lebih nyaman dan kondusif. d) Penggunaan internet, komputer, dan aplikasi-aplikasi lainnya membuat siswa lebih kreatif dengan media tersebut. e) Penggunaan perpustakaan, akan membuat siswa menjadi lebih banyak wawasan dan literasi. f) Dengan penggunaan alat olahraga, siswa meraih kejuaraan pada bidang olahraga. Kata Kunci: Pengelolaan Sarana Prasarana, SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSALFEN HASRI2010026201salfen.hasri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:48
Last Modified: 30 Jul 2024 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83915

Actions (login required)

View Item View Item