MAULIDDIA AKBAR, - (2024) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU UNTUK MENEKAN PERILAKU ACADEMIC CYBERLOAFING PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM UIN SUSKA RIAU ANGKATAN 2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Mauliddia Akbar Program studi : Bimbingan Konseling Islam Judul : Efektivitas Konseling Individu Untuk Menekan Perilaku Academic Cyberloafing Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Uin Suska Angkatan 2022 Cyberloafing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan mahasiswa yang mengakses hal-hal yang tidak berkaitan dengan pendidikan selama kuliah berlangsung. Dalam dunia pendidikan, cyberloafing didefenisikan sebagai kecenderungan atau perilaku mahasiswa untuk menggunakan teknologi dengan tujuan yang tidak berkaitan dengan kegiatan academic selama kelas berlangsung. Salah satu upaya yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk menghilangkan kejenuhan di kelas melakukan perilaku academic cyberloafing berlangsung, namum perilaku academic cyberloafing juga akan menyebabkan mahasiswa kehilangan fokus dan kehilangan fokus pada kuliah. Dengan terjadinya masalah-masalah tersebut diperlukan adanya upaya dan usaha untuk menanggulangi masalah yang dihadapi mahasiswa salah satunya dengan memberikan Layanan bimbingan dan konseling, salah satu jenis layanan dalam bimbingan konseling adalah layanan konseling individu. Tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan konseling individu untuk menekan perilaku academic cyberloafing pada mahasiswa bimbingan konseling islam Uin Suska angkatan 2022. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one –group pre-test post-test design. Dalam penelitian responden yang akan diteliti adalah berjumlah 6 orang responden. Berdasarkan analasis data pre-test dan post-test, hasil paired sampel test data diolah menggunakan program SPSS versi 25, mean paired differences adalah sebesar -27.167. Diketahui nilai Sig untuk kelompok pretest ialah 0,1000 dan nilai Sig untuk kelompok posttest ialah 0,507. Jika sig 0,5 maka data berdistibusi normal. Dan diketahui 0,100 0,5 dan 0,507 0,5 maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya hasil pretest dan posttest adalah berdistribusi normal.Untuk nilai signifikansi 0000,5 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (efektifitas konseling individu) terhadap variabel terikat (perilaku academic cyberloafing) dan hipotesisnya diterima (Ha). Kata kunci : Konseling Individu, Academic Cyberloafing, Mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158 Psikologi Terapan > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:27 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:27 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83910 |
Actions (login required)
View Item |