Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 001 PETAI

LESTARI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 001 PETAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV BENAR.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BENAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V Sdn 001 Petai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V Sdn 001 Petai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 28 orang siswa, dan objeknya adalah model pemelajaran Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Keterampilan Sosial Siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, yang dilihat pada Keterampilan Sosial Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS pada siswa kelas V Sdn 001 Petai pada pra tindakan masih tergolong kurang baik, dengan persentase 35% berada pada rentang 0–50%. Pada siklus I atau setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkat menjadi 65,0% berada pada rentang 61–75%. Siklus II meningkat lagi menjadi 80% dengan kategori baik berada pada rentang 76–90%.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas V Sdn 001 Petai. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSAKILAH, -2453246865sakilah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:54
Last Modified: 30 Jul 2024 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83908

Actions (login required)

View Item View Item