PARTISIPASI SISWA KELAS XI DAN GURU SEBAGAI PENGAWAS DALAM MEMAJUKAN KOPERASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU

Priska Ferdianti Syafri, (2013) PARTISIPASI SISWA KELAS XI DAN GURU SEBAGAI PENGAWAS DALAM MEMAJUKAN KOPERASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013689PIPS_E.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa sekolah. Koperasi sekolah didirikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa dalam berorganisasi. Di dalam koperasi keikutsertaan atau partisipasi merupakan modal yang sangat penting. Selain siswa guru juga ikut serta dalam memajukan koperasi sekolah. Salah satunya dengan menjadi pengawas koperasi. Pengawas melakukan tugas untuk mengawasi jalannya koperasi sekolah. Pengawas inilah yang melakukan pembinaan, bimbingan, pengawasan organisasi dan keuangan koperasi. Oleh karena itu, untuk memajukan koperasi sekolah semua aspek terutama siswa dan guru harus dapat berpartisipasi dengan baik. Tetapi hanya sebahagian siswa yang turut berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan koperasi sekolah. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu kurangnya partisipasi siswa memajukan koperasi sekolah, manajemen koperasi yang kurang optimal, jenis usaha koperasi yang kurang beragam, sebagian siswa tidak mau berbelanja di koperasi sekolah dan sebagian siswa belum dapat merasakan manfaat dari koperasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi siswa dan guru dalam memajukan koperasi sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan guru. Sedangkan objeknya adalah kontribusi partisipasi siswa dan guru dalam memajukan koperasi sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang ikut dalam kegiatan koperasi yang berjumlah 88 orang dan guru-guru yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data tentang kontribusi partisipasi siswa dan guru dalam memajukan koperasi sekolah dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisis dengan teknik kualitatif. Partisipasi siswa dan guru dalam memajukan koperasi sekolah dikategorikan menjadi 5 bagian yaitu: sangat baik jika 81-100%, baik jika 61-80%, cukup baik jika 41-60%, kurang baik jika 21-40%, sangat kurang baik jika 0-20%. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan bahwa partisipasi siswa dalam memajukan koperasi sekolah ini dikategorikan baik yaitu 61,22% dan partisipasi guru dalam memajukan koperasi sekolah dikategorikan sangat baik yaitu 84,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:29
Last Modified: 19 Oct 2016 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item View Item