HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU EKONOMI YANG TELAH LULUS SERTIFIKASI DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SEKOLAH MENENGGAH ATAS NEGERI I RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Salmiah, (2013) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU EKONOMI YANG TELAH LULUS SERTIFIKASI DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SEKOLAH MENENGGAH ATAS NEGERI I RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013665PIPS-E.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Kemampuan mengajar adalah aktifitas kompleks yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Sehingga terjadi proses belajar. Dengan adanya kemampuan mengajar yang baik dan profesional akan mampu meningkatkan mutu pendidikan secara berkesinambungan demi tercapainya pembangunan sumber daya manusia di berbagai bidang. Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar yang dinyatakan dalam bentuk angka nilai rapor setiap bidang studi yang telah mengalami proses belajar, prestasi belajar siswa dapat diketahui setelah evaluasi. Jadi penulis ingin mengetahui Apakah ada Hubungan Antara Kemampuan Mengajar Guru Ekonomi Yang Telah lulus serifikasi dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah korelasi sereal. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri hilir dengan jumlah populasinya 44 siswa. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa Hubungan Antara Kemampuan Mengajar Guru Ekonomi Yang Telah lulus serifikasi dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Reteh Kabupaten Indragiri Hilir, adalah sebesar 0,159 yang menunjukkan adanya hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat rendah. Dari hasil uji hipotesis diketahui dengan tingkat signifikan 95% (α=5%), dan N sejumlah 44 dengan df = 42 maka diperoleh Rtabel sebesar 0,2512. Jika Rhitung (0,159) < Rtabel (0, 2512), Melihat angka di atas maka hipotesa pertama (Ha) ditolak yaitu ada hubungan yang signifikan antara kemampuan mengajar guru ekonomi yang telah lulus sertifikasi dengan prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Reteh. Sementara hipotesa kedua (Ho) diterima yaitu tidak ada hubungan yang signifikan anatara kemampuan mengajar guru ekonomi yang telah lulus sertifikasi dengan prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Reteh. Jadi meskipun guru ekonomi di SMA Negeri 1 Reteh telah disertifikasi ternyata dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidaklah menjamin akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:24
Last Modified: 19 Oct 2016 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8387

Actions (login required)

View Item View Item