Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU

FITRI RAHMA YUNI, - (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (Bab Gabungan)
GABUNGAN SKRIPSI FITRI RAHMA YUNI FIX Bab Gabungan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Bab Hasil)
GABUNGAN SKRIPSI FITRI RAHMA YUNI FIX Bab Hasil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Selama menuntut ilmu diperguruan tinggi, mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas akademik di setiap mata kuliah. Banyaknya tugas-tugas akademik membuat mahasiswa cenderung menunda- nunda untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas tersebut atau disebut dengan istilah prokrastinasi akademik. Untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa perlu untuk mengatur dan mengendalikan aktivitas belajar guna mencapai tujuan belajarnya yang dikenal dengan self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi UIN Suska Riau. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 219 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala self-regulated learning dan skala prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson product moment diperoleh hasil korelasi sebesar -0,649 dengan nilai signifikansi sebesar p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dengan arah negatif antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi UIN Suska Riau. Artinya, semakin tinggi self-regulated learning maka semakin rendah prokrastinasi akademik, begitu juga sebaliknya. Kata Kunci : Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZuriatul Khairi, -2022106501zuriatul.khairi@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:39
Last Modified: 01 Aug 2024 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83859

Actions (login required)

View Item View Item