Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AMANAH TARBIYAH ISLAMIYAH REMPAK KABUPATEN SIAK

SARLY MURNIATI, - (2024) PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AMANAH TARBIYAH ISLAMIYAH REMPAK KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

ABSTRAK Sarly Murniati, (2024) : Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) PP-AMTI Rempak Penelitian ini berjudul manajemen tata usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan di MTs PP-AMTI Rempak. Tujuan dari penelitian ini: 1. Untuk mengetahui karakteristik system manajemen pendidikan di MTs PP-Amti Rempak. 2. Untuk mengetahui peranan sistem informasi manajemen dalam mendukung pengambilan keputusan kepala sekolah di MTs PP-AMTI Rempak. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat sistem informasi manajemen dalam mendukung pengambilan keputusan kepala sekolah. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Informan utama penelitian ini adalah kepala sekolah, sedangkan informan pendukung adalah staff tata usaha, waka kurikulum, waka sarana prasarana dan koordinator tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dikemukakan bahwa 1) karakteristik sistem informasi manajemen sudah diterapkan. Mulai dari sumber daya manusianya yang dimana komponen ini bertugas mengolah data pada posisi yang telah ditetapkan kepala sekolah. Selanjutnya untuk perangkat keras nya sudah didukung dengan alat-alat yang digunakan untuk menyimpan dan mengarsipkan dokumen. Lalu untuk perangkat lunak sudah menggunakan aplikasi EMIS untuk mengolah data. Kemudian untuk sumber daya data system informasi sudah bisa diatur, disimpan, dan diakses. Dan terakhir untuk jaringan komunikasinya sudah dilengkapi dengan modem untuk mengakses ke internet. 2) Dalam kegiatan pengambilan keputusan peranan sistem informasi manajemen pendidikan sudah membantu kepala madrasah, untuk mendapatkan data dan informasi terkait sarana dan prasarana, kurikulum dan tenaga pendidik dan kependidikan yang bisa digunakan untuk membantu memecahkan masalah yang ada. 3) Faktor pendukung sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan kepala sekolah adalah sumber daya manusia (SDM) guru dan karyawan staff tata usaha sudah memenuhi standar guru yaitu sarjana. Sedangkan faktor penghambatnya masih kurangnya tenaga administrasi dalam mengelola sistem informasi manajemen. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Pengambilan Keputusan, Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrawati2030128301irawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:58
Last Modified: 29 Jul 2024 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83840

Actions (login required)

View Item View Item