Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI AKTIVITAS MAGRIB MENGAJI DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Yuwanda Gustara, Yuwanda (2025) IMPLEMENTASI AKTIVITAS MAGRIB MENGAJI DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

Pengembangan keagamaan merupakan tanggung jawab bersama. Ini berarti tidak hanya pendidik, namun setiap elemen masyarakat dan juga pemerintah memiliki peranan dan tanggung jawab terhadap masyarakat. Tuntutan pengembangan sumber daya manusia dari waktu ke waktu semakin meningkat. Oleh karena itu layanan pengembangan keagamaan harus mengikuti perkembangan zaman tersebut. Mengaji secara tidak langsung mampu mempengaruhi sifat kita menjadi lebih peka terhadap sifat ketuhanan, mereka sadar akan keberadaan Allah SWT. Gerakan membaca al-Quran atau magrib mengaji juga diperintahkan oleh Bupati Pasaman Barat kepada seluruh ASN dan pegawai non PNS untuk mensosialisasikan dan mengajak masyakat dan pelajar untuk membaca al-Quran sebagai rutinitas di malam hari. Dalam penelitian ini mengunakan tiga Informan utama yaitu H. Hamsuardi S,.Ag selaku Bupati Pasaman Barat, Hartasani selaku Kabag Kesra, dan Rian Febriansyah selaku masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasilnya, penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas magrib mengaji Di Kabupaten Pasaman Barat tidak berjalan maksimal dikarenakan kurangnya manajemen kolaborasi dan penguatan dari segi peraturan daerahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULKARNAINI, -2012027101-
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Magrib Mengaji, Masyarakat Madani
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Jul 2024 00:51
Last Modified: 29 Jul 2024 00:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83827

Actions (login required)

View Item View Item