Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Antara Kecemasan Dan Gangguan Tidur Insomnia Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi

OLIVA DESFITRI ULMA, - (2024) Hubungan Antara Kecemasan Dan Gangguan Tidur Insomnia Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (Bab Gabungan)
REVISI TERAKHIR,AMIN (1) Bab Gab.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab Hasil)
REVISI TERAKHIR,AMIN (1) Bab Hasil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gejala kecemasan dan gejala insomnia pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau. Mahasiswa tingkat akhir sering kali menghadapi tekanan akademik yang tinggi karena beban skripsi. Tekanan ini dapat memicu kecemasan yang berlebihan, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada pola tidur mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 200 mahasiswa. Pengukuran gejala insomnia dilakukan dengan menggunakan skala Insomnia Severity Index (ISI), sementara gejala kecemasan diukur dengan menggunakan skala Depressi Anxiety Stress Scale (DASS 21). Analisis data dilakukan dengan teknik Pearson Product Moment, yang menunjukkan hasil signifikan dengan nilai sig. 0,000 (p<0,05) dan koefisien korelasi sebesar 0,866. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara gejala kecemasan dan gejala insomnia pada mahasiswa, dimana semakin tinggi gejala kecemasan yang dialami mahasiswa, semakin tinggi juga gejala insomnia yang mereka alami. Hal ini menegaskan bahwa kecemasan memiliki hubungan dengan gejala insomnia pada mahasiswa. Kata Kunci : Kecemasan, Insomnia, Mahasiwa, Skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDiana Elfida, -2009127101dianafauzi71@gmail.com
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:10
Last Modified: 02 Aug 2024 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83817

Actions (login required)

View Item View Item