Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SECARA POSITIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

RIZKI PEBRIYANDI, - (2024) STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SECARA POSITIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

ABSTRAK Rizki Pebriyandi (2024): Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Memberikan Pemahaman tentang Penggunaan Media Sosial Secara Positif di SMA Negeri 12 Pekanbaru Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media sosial secara positif siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. 2) Strategi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan pemahaman menggunakan media sosial kepada siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. 3) Faktor pendukung strategi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan pemahaman menggunakan media sosial kepada siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus desain penelitian bersifat deskriptif. Adapun informan utamanya siswa, informan pendukung guru bimbingan dan konseling. Objek penelitian ini adalah strategi guru BK memberikan pemahaman tentang penggunaan media sosial secara positif dan motif bermain Sosial Media yang tidak positif serta kebutuhan layanan bimbingan dan konseling pada siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Penyebab penggunaan Sosial Media secara negatif pada siswa karena adanya rasa bosan atau jenuhnya, mengikuti trend, faktor lingkungan, orang tua yang terlalu bebas, dan fasilitas yang memadai. 2) Kebutuhan siswa terhadap Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Agar bisa Mengarahkan siswa bermain Sosial Media Secara Positif. 3) Faktor pendukung kebutuhan layanan bimbingan dan konseling yaitu, adanya dukungan dari kepala sekolah, adanya kerja sama yang baik antara guru bimbingan dan konseling dengan wali kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa untuk berkonsultasi dengan guru bimbingan dan konseling, dan orang tua siswa. Kata kunci : Strategi dan Pemahaman Media Sosial Secara Positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTohirin2012086701tohirin09@yahoo.co.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:57
Last Modified: 27 Jul 2024 05:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83760

Actions (login required)

View Item View Item