Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANAMKAN SELF CONTROL SISWA DI SMA NEGERI 2 TAMBANG

HERPINA PUTRI PERONIKA, - (2024) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANAMKAN SELF CONTROL SISWA DI SMA NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Herpina Putri Peronika, (2024): Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Self Control Siswa di SMA Negeri 2 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam menanamkan self control siswa, 2) Faktor–faktor pendukung Guru Bimbingan dan Konseling dalam menanamkan self control siswa, 3) Faktor-faktor penghambat Guru Bimbingan dan Konseling dalam menanamkan self control siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian ini 3 orang guru BK, dan informan tambahan penelitian adalah 4 orang siswa. Data ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam menanamkan self control siswa meliputi peran sebagai motivator melalui layanan konten, peran pengembangan pembelajaran melalui media seperti video dan power point, peran pengembangan (persevaratif) potensi diri melalui layanan informasi dan penempatan penyaluran, peran pencegahan (preventif) masalah memberikan orientasi lingkungan dan aturan sekolah dan peran sebagai fasilitator yaitu guru BK menyediakan waktu untuk konsultasi dan konseling individual. (2) Faktor-faktor pendukung Guru Bimbingan dan Konseling dalam menanamkan self control siswa adalah kerjasama dan teknologi informasi. Kerjasama ini terjalin antara guru Bimbingan dan Konseling dengan wali kelas, dan pihak lainnya yang terlibat adalah kepolisian. (3) Faktor-faktor penghambat Guru Bimbingan dan Konseling dalam menanamkan self control adalah pelaksanaan layanan yang terbatas, tidak ada jam masuk kelas. Kata kunci: Peran, Guru Bimbingan dan Konseling, Self Control

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAJA RAHIMA MRA, -2003078901raja.rahima.mra@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 06:01
Last Modified: 27 Jul 2024 06:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83751

Actions (login required)

View Item View Item