ISNIA RAMADHANI, - (2024) PELAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH SOCIAL COMPARISON DI MEDIA INSTAGRAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 CERENTI KAB. KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (ABB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
Abstract
ISNIA RAMADHANI (2024): PELAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH SOCIAL COMPARISON DI MEDIA INSTAGRAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 CERENTI KAB. KUANTAN SINGINGI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bentuk social comparison siswa di sekolah menengah atas, 2). Pelayanan yang diberikan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) dalam mengatasi masalah social comparison, 3). Serta faktor pendukung dan penghambat pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah social comparison. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu satu orang guru BK yang membimbing siswa kelas X di SMA N 1 Cerenti, dan 5 orang siswa yang direkomendasikan guru BK mengalami masalah social comparison. Objek dalam penelitian ini adalah pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah social comparison di Media Instagram siswa. Data dikumpulkan dengan melakukan interview/wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Hasil dari wawancara yang telah dilakukan dengan guru BK ada 5 dari 270 siswa yang sering mengalami: 1). Masalah social comparison yakni masalah fisik (warna kulit, tinggi badan, wajah, bentuk tubuh), kepribadian dan kehidupan sosial. 2). Pelayanan yang diberikan oleh guru BK yakni BK komprehensif terdiri dari layanan dasar (bimbingan klasikal), layanan responsif (konseling individu), perencanaan individu (pendekatan individu dengan metode kreatif), dukungan sistem (memberikan edukasi mengenai dampak social comparison). 3). Faktor pendukung dari pelayanan guru BK adalah guru BK memiliki rasa empati dalam membantu menangani masalah siswa, aksesibilitas Instagram, fitur Instagram yang mendukung, keanoniman dan privasi, dan komunitas online. Kurangnya waktu untuk melakukan konseling, enggannya siswa dalam mencari bantuan, ketidakmampuan guru BK dalam mengidentifikasi masalah, stigma dan ketidaknyamanan, keterbatasan keterampilan teknis, dan keamanan menjadi faktor penghambat dalam pelayanan masalah social comparison. Kata kunci: pelayanan guru BK, social comparison, media Instagram
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 03:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83745 |
Actions (login required)
View Item |