PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ASSESSMENT COLLAGE MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATANSISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Suarti, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ASSESSMENT COLLAGE MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATANSISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013237PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SDN 001 Teratak melalui strategi assessment collage pada materi pemerintahan desa dan kecamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 001 Teratak tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewarganegaraan materi pemerintahan desa dan kecamatan melalui strategi assessment collage kelas IV SDN 001 Teratak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian ini dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan setiap siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam setiap kegiatan penelitian. Teknik analisis data untuk hasil belajar menggunakan percentages correction. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PKn pokok bahasan pemerintahan desa dan kecamatan siswa kelas IV SDN 001 Teratak. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil ulangan materi sebelum digunakan strategi assessment collage secara klasikal 43.33%, sedangkan melalui strategi assessment collage pada siklus I secara klasikal hasil belajar siswa diperoleh 66.67%, pada siklus II 86.67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:12
Last Modified: 18 Oct 2016 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item View Item