Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PULAU INGU KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Nurma Yunita (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PULAU INGU KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013232PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 023 Pulau Ingu melalui strategi pembelajaran aktif group resume pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 023 Pulau Ingu tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia melalui strategi pembelajaran aktif group resume kelas V SDN 023 Pulau Ingu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Penelitian ini dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan setiap siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam setiap kegiatan penelitian. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V SDN 023 Pulau Ingu. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum dilakukan tindakan secara klasikal 50%, sedangkan melalui strategi pembelajaran aktif group resume pada siklus I secara klasikal hasil belajar siswa diperoleh 62.5%, pada siklus II 81.25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:10
Last Modified: 18 Oct 2016 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item