PENGARUH PENGUASAAN MATERI INTERAKSI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI TERHADAP CARA BERSOSIALISASI ANTAR SISWA DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI I PENGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Serli Nopryanti, (2011) PENGARUH PENGUASAAN MATERI INTERAKSI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI TERHADAP CARA BERSOSIALISASI ANTAR SISWA DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI I PENGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011574.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penguasaan materi interaksi sosial pada mata pelajaran sosiologi (variabel bebas/independen/ atau variabel X) dan cara bersosialisasi sntar siswa (variabel dependen/terikat/ variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Penguasaan Materi Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran SosiologiTerhadap Cara Bersosialisasi Antar Siswa Kelas XI Dalam Lingkungan Sekolah Di Sma Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan objeknya adalah Pengaruh Penguasaan Materi Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran SosiologiTerhadap Cara Bersosialisasi Antar Siswa Kelas XI. Populasinya adalah 96 siswa. Karena sedikitnya jumlah populasi maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, variabel pertama bersifat interval. Dan variabel kedua bersifat data ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu. penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 16.0. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Penguasaan Materi Interaksi Sosial Pada Mata Pelajaran SosiologiTerhadap Cara Bersosialisasi Antar Siswa Kelas XI Dalam Lingkungan Sekolah Di Sma Negeri 1 Pangean Kabupaten Kuantan Singingi, dengan Konstribusi penguasaan materi interaksi sosial pada mata pelajaran sosiologi terhadap cara bersosialisasi antar siswa kelas XI adalah 0,413 X 100% = 41,3 % selebihnya ditentukan oleh variable lain. (observasi) 0,413 dari hasil analisis tersebut dapat diketahui df = 94, (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,205 rt (tabel) pada taraf signifikan 1% = 0,267. ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:31
Last Modified: 14 Jan 2016 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item