Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PEMBERIAN HUKUMAN YANG MENDIDIK KEPADA ANAK DALAM BUKU PROPHETIC PARENTING; CARA NABI SAW MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID

RAIHUL AFLAH, - (2024) KONSEP PEMBERIAN HUKUMAN YANG MENDIDIK KEPADA ANAK DALAM BUKU PROPHETIC PARENTING; CARA NABI SAW MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Raihul Aflah, (2024): Konsep Pemberian Hukuman yang Mendidik kepada Anak dalam Buku Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian hukuman yang mendidik kepada anak dalam buku Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Analisis isi dilakukan dengan cara membaca buku secara komprehensif, mengklasifikasikan paparan data, lalu melakukan analisis. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat konsep pemberian hukuman yang mendidik dalam buku Prophetic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, bahwa pemberian hukuman yang mendidik adalah suatu cara kurang menyenangkan yang bersifat edukatif diberikan kepada anak atas perilaku buruk anak. Tujuannya memberikan pelajaran dan tanggung jawab atas perbuatannya serta menyadari kesalahannya. Fungsi hukuman ada empat yaitu alat pendidikan, motivasi dan peringatan, pengoreksi kesalahan diri anak, dan pengobatan. Terdapat empat prinsip (diakhirkan, bermanfaat, proporsional, dan tidak terburu-buru). Ada keterkaitan pemberian hukuman dengan fase perkembangan anak yaitu secara perkembangannya anak yang telah berusia sepuluh tahun mampu memahami aturan-aturan yang berlaku. Terdapat tahapan dalam pemberian hukuman yaitu celaan, ancaman, hukuman fisik ringan, dan hukuman fisik berat. Kata Kunci: Hukuman, Prophetic Parenting, Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNASRUL HS, -2003027601nasrul.hs@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:32
Last Modified: 27 Jul 2024 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83693

Actions (login required)

View Item View Item