PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Asda Neli, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013231PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penggunaan startegi pembelajaran group to group exchange siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai yang berjumlah 22 orang, 12 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group exchange. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan dilaksanakan 4 kali pertemuan, adapun tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman kenampakan alam dan buatan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri Naumbai. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum tindakan 40,90%, sedangkan melalui strategi pembelajaran group to group exchange pada siklus I adalah 63,64% dan siklus II adalah 81,82%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:08
Last Modified: 18 Oct 2016 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item