Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI VIRTUAL KPOPFICATION DALAM MEMBENTUK KOMUNITAS BARU DI MEDIA SOSIAL (Studi Etnografi Virtual pada Akun X @aniesbubble)

TIRTHA TAMARA, - (2024) KOMUNIKASI VIRTUAL KPOPFICATION DALAM MEMBENTUK KOMUNITAS BARU DI MEDIA SOSIAL (Studi Etnografi Virtual pada Akun X @aniesbubble). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB 5 BENAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB 5 BENAR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk memahami bagaimana komunikasi virtual terjadi dalam komunitas virtual yang dibentuk oleh @aniesbubble, serta bagaimana akun tersebut berhasil menciptakan komunitas di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual melalui teori CMC, teori Cyber-Community dan analisis media siber yang mencakup 4 level, yaitu level ruang media, level dokumen media, level objek media, dan level pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di antara keempat level tersebut, level paling dominan terletak pada ruang media dan dokumen media. Pada level ruang media, akun tersebut berisikan beragam informasi yang menjadikan tampilan @aniesbubble sebagai ruang komunitas virtual dan menciptakan fandom Humanies. Pada level dokumen, unggahan yang disajikan akun tersebut berupa penggunaan komunikasi virtual yang mengadopsi budaya kpopfication sehingga artefak budayanya dapat meliputi teks, audio, video, dan hashtag yang mendorong terbentuknya komunitas. Sedangkan pada objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut @aniesbubble sebagai anggota komunitas Humanies ialah memberikan komentar serta pendapat pada ruang atau forum yang disediakan oleh akun tersebut. Untuk level pengalaman media, motif fandom Humanies mengikuti akun tersebut adalah ketertarikan terhadap penyajian informasi yang mengadopsi komunikasi virtual kpopfication. Teori CMC mengatakan bahwa komunikasi virtual kpopfication dapat membentuk komunitas disebabkan karena mencakup komunikasi melalui teknologi. Teori cyber- community juga menekankan bahwa suatu komunitas dapat terbentuk di media sosial melalui perkumpulan anggota yang terhubung melalui internet dengan motif yang serupa seperti hobi, pandangan hidup, kebutuhan, atau latar belakang yang sama. Dengan mengadopsi kpopfication dalam kontennya, @aniesbubble membantu pengikutnya mengembangkan identitas komunitas baru di media sosial untuk membedakan diri dari kelompok lainnya. Kata Kunci: fan-account, kpopfication, fandom, komunitas virtual, aniesbubble.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTIKA MUTIA, -2006108601tikamutia@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:37
Last Modified: 27 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83686

Actions (login required)

View Item View Item