Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW ENQUIRE READ AND USE (PERU) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU

Desi Susanti (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PREVIEW ENQUIRE READ AND USE (PERU) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013230PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagian besar siswa tidak bisa menceritakan kembali tentang apa yang dibacanya, sebagian besar siswa kurang kritis terhadap apa yang dibacanya, hanya sebagian kecil siswa yang dapat menyebutkan gagasan pokok dalam cerita, dan hanya sebagian kecil siswa yang dapat menyebutkan amanat dalam cerita. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Preview Enquire Read and Use (PERU) dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Preview Enquire Read and Use (PERU) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 57,9% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 57,9% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 67,4% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 79.1% dengan ketegori “Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 70%-89%. Artinya kemampuan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:07
Last Modified: 18 Oct 2016 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8368

Actions (login required)

View Item View Item