NURLAELI, - (2024) PROBLEMATIKA LINGUISTIK DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA`HAD AL-JAMI`AH PUTRI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS NURLAELI.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurlaeli (2024) : Problematika linguistik dalam program pembelajaran bahasa Arab di Ma`had Al-Jami`ah Putri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat beberapa problematika linguistik yang jelas dan samar dalam pelaksanaa program pembelajaran bahasa Arab di Ma`had Al-Jami`ah Putri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan problematika linguistik yang dihadapi oleh mahasiswi dalam program pembelajaran bahasa Arab di Ma`had Al-Jami`ah Putri tersebut dan untuk menawarkan solusi penanganan problematika linguistik tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah metode Mills dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini bahwa problematika linguistik yang mereka hadapi terbagi pada 7 klasifikasi: 1) Fonetik: kesulitan mengucapkan sebagian huruf-huruf hijaiyah karena memiliki kesamaan pengucapan berdasarkan kedekatan posisi tempat keluarnya huruf. 2) Kosakata: mahasiswi alumni dari SMA negeri/swasta mengalami kesulitan dalam mengulang dan menghafal kosakata bahasa Arab karena baru pertama kali mendengarnya sehingga hal tersebut asing dan baru bagi mereka. 3) Sintaksis: kesulitan untuk menghafal, mengingat dan mengulang isim dlamir karena banyaknya bentuk dan juga sedikitnya pemahaman mereka terhadap kaidah nahwu yang mempengaruhi kesalahan dalam penulisan i`rab akhirnya. 4) Morfologi: mencampur dan saling menukar-nukar antara fi`il madli dan mudlori` contoh ketika seorang guru menanyakan tentang bentuk dlamir atau kata ganti dari dlamir saya untuk fi`il mudlori` kemudian mahasiswi menjawab dalam bentuk fi`il madlinya dan begitu pula sebaliknya. 5) Gramatikal: peletakan unsur-unsur gramatikal yang tidak teratur berdasarkan kaidah bahasa Arab yang benar. 6) Leksikologi: melakukan kesalahan dalam menerjemahkan kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat. 7) Penulisan: menukar dan mengurangi penulisan beberapa huruf dalam kosakata-kosakata atau kalimat-kalimat. Kata kunci: Problematika linguistik, program pembelajaran bahasa Arab, Ma`had Al- Jami`ah Putri
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2024 02:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 02:18 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83666 |
Actions (login required)
View Item |