Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Mengikuti Kegiatan Rohani Islam dan Pembelajaran PAI Terhadap Perkembangan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 3 Mandau

Marianas,, - (2024) Pengaruh Mengikuti Kegiatan Rohani Islam dan Pembelajaran PAI Terhadap Perkembangan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 3 Mandau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (Bab Gabungan)
TANPA BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)

Abstract

ABSTRAK Marianas, (2024): Pengaruh Mengikuti Kegiatan Rohani Islam dan Pembelajaran PAI Terhadap Perkembangan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 3 Mandau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mengikuti rohani islam dan pembelajaran PAI secara simultan terhadap perkembangan emosional peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau sebanyak 348 peserta didik, sedangkan sampelnya sebanyak 186 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh mengikuti kegiatan rohani islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan emosional peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau. Hal ini di tunjukkan dengan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,374 > 0,143) dengan nilai sig. 0,000 < 0,005. Dapat juga diketahui dari hasil R2 = 0,140 artinya 0,14,0% kegiatan rohani islam memberi pengaruh perkembangan emosional peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau. 2) Terdapat pengaruh pembelajaran PAI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan emosional peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau. Hal ini di tunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,487 > 0,143) dengan nilai sig. 0,000 < 0,005. Dapat juga diketahui dari hasil R2 = 0,487 artinya 0,48,7% pembelajaran PAI memberi pengaruh terhadap perkembangan emosional peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau. 3) Terdapat pengaruh yang disignifikan antara mengikuti kegiatan rohani islam dan pembelajaran PAI secara simultan terhadap perkembangan emosional peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau. Hal ini di tunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F tabel (29,979 > 3,04). Selain itu, hasil analisis determinasi yang mencari besarnya persentase sumbangan pengaruh variabel independen secara serentak terhadap variabel dependen sebesar 24,7%. Sedangkan sisanya sebesar 75% disumbangkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Rohani Islam, Pembelajaran PAI, Perkembangan Emosional Peserta Didik

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIDRIS, -2004057601idrisharun@uin-suska.ac.id
Thesis advisorASMURI, -2005087501asmuri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:20
Last Modified: 29 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83612

Actions (login required)

View Item View Item