PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUANGKAN IDE ATAU GAGASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Herma Linda HS, (2011) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENUANGKAN IDE ATAU GAGASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011571.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menuangkan ide atau gagasan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan pada siswa kelas VII SMPN 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar dengan penerapan metode Mind Mapping. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan menuangkan ide atau gagasan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Hasil pengamatan pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan hanya mencapai rata-rata persentase 54,00%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan meningkat yaitu pada siklus pertama mencapai 67,50% atau kemampuan siswa masih tergolong “Mampu” karena 64,55% berada pada rentang 56-75%. Artinya kemampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan belum mencapai 80%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,50% atau kemampuan siswa telah tergolong “Sangat Mampu” karena 78,18% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan belajar Ilmu Pengetahuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan di kelas VII SMPN 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:29
Last Modified: 14 Jan 2016 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item