Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA NELAYAN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA YANG HARMONIS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA SUNGAI SELARI KEC. BUKIT BATU KAB. BENGKALIS)

IMAM MUKHTAR HASANI, - (2024) UPAYA NELAYAN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA YANG HARMONIS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA SUNGAI SELARI KEC. BUKIT BATU KAB. BENGKALIS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMAM MUKHTAR HASANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

ABSTRAK Imam Mukhtar Hasani (2024) : Upaya Keluarga Nelayan Mewujudkan Keluarga yang Harmonis Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Sungai Selari Kec. Bukit batu Kab. Bengkalis). Penelitian ini mengkaji upaya nelayan dalam mewujudkan keluarga yang harmonis ditinjau dari perspektif hukum Islam. Fokus utama penelitian adalah menganalisis strategi dan tindakan yang diambil oleh nelayan dalam konteks sosio-ekonomi yang khas, serta mengevaluasi kesesuaiannya dengan prinsipprinsip keluarga dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan wawancara mendalam dengan 5 keluarga nelayan di Desa Sungai SelariKec. Bukit batu Kab. Bengkalis, teknik pengumpulan data dilakukan melaui observasi dan studi kepustakaan, data dianalisis dengan teknik diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nelayan menghadapi tantangan dalam membangun keharmonisan keluarga, termasuk ketidakpastian pendapatan, periode ketidakhadiran yang panjang, dan risiko pekerjaan yang tinggi. Strategi utama yang ditemukan meliputi: (1) perencanaan keuangan berbasis syariah, (2) optimalisasi komunikasi jarak jauh, (3) penguatan pendidikan agama dalam keluarga, dan (4) partisipasi aktif dalam kegiatan sosial-keagamaan komunitas nelayan. Analisis dari perspektif hukum Islam menunjukkan bahwa upaya-upaya ini sejalan dengan maqashid al-syariah, khususnya dalam aspek hifz al-nasl (perlindungan keturunan) dan hifz al-din (perlindungan agama). Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika keluarga nelayan dalam konteks Islam Indonesia, serta menyoroti pentingnya adaptasi prinsip-prinsip Islam dalam menghadapi tantangan kontemporer. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk pengembangan kebijakan yang mendukung kesejahteraan keluarga nelayan dan program pemberdayaan berbasis komunitas yang mempertimbangkan aspek spiritual dan kultural. Kata kunci: Nelayan, Keluarga Harmonis, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAHMAD ZIKRI, --azikrihassan@gmail.com
Thesis advisorZULIKROMI, --zulikromi86@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:57
Last Modified: 26 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83581

Actions (login required)

View Item View Item