Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

KHAGANIS ALYA, - (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

KHAGANIS ALYA (2024) : PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM Era globalisasi saat ini diperlukan keterampilan yang berkualitas guna menghadapi persaingan global. Keterampilan argumentasi ilmiah menjadi salah satu sarana dalam menghadapi persaingan global, namun kemampuan argumentasi ilmiah siswa masih lemah dalam menyertakan bukti dan dukungan terhadap klaim yang ajukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E berkonteks Socio Scientific Issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 di kelas XI MIA MAN 4 Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest -posttest Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui perngaruh kemampuan argurmentasi ilmiah siswa dan uji koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan argumentasi ilmiah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata posttest kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas eksperimen sebesar 67,40 dan kelas kontrol sebesar 54,85, uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,002 kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 7E berkonteks Socio Scientific Issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Dimana Uji koefisien determinasi diperoleh dari nilai (r2 ) = 0,158, maka dapat disimpulkan bahwa model learning cycle 7E berkonteks SSI berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi hidrolisis garam sebesar 15,8%. Kata Kunci : Pengaruh, Learning Cycle 7E, SSI, Argumentasi Ilmiah, Hidrolisis Garam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLisa Utami, -2026098301Lisa.utami@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:58
Last Modified: 26 Jul 2024 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83562

Actions (login required)

View Item View Item