MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIS AL-RASYID SIMPANG TIGA SUNGAI LUAR MELALUI METODE KERJA KELOMPOK YANG BERMAKNA

Elviyanti, (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIS AL-RASYID SIMPANG TIGA SUNGAI LUAR MELALUI METODE KERJA KELOMPOK YANG BERMAKNA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013185PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIS Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar Melalui Metode Kerja Kelompok Yang Bermakna. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar IPA siswa variabel X, dan Penerapan Metode Kerja Kelompok variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan April - Juni 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I pertemuan pertama dan kedua. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus I pertemuan pertama dengan pertemuan kedua adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 52% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa tetap 52% dengan klasifikasi sangat rendah, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 74% dengan klasifikasi cukup tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui Penerapan metode kerja kelompok yang bermakna pada siswa kelas V MIS Al-Rasyid Simpang Tiga Sungai Luar dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:40
Last Modified: 18 Oct 2016 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8356

Actions (login required)

View Item View Item