Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Faktor–faktor yang Mempengaruhi Penerapan akad Murabahah Pada Produk Cicil Emas Di BSI Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan.

Anisa Putri Khairan, - (2024) Faktor–faktor yang Mempengaruhi Penerapan akad Murabahah Pada Produk Cicil Emas Di BSI Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anisa Putri Khairani (2024): Faktor–faktor yang Mempengaruhi Penerapan akad Murabahah Pada Produk Cicil Emas Di BSI Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena akad murabahah merupakan bagian dari pembiayaan jual beli yang minim risikonya dibandingkan dengan pembiayaan bagi hasil. Pembiayaan murabahah produk cicil emas adalah salah satu pembiayaan yang banyak peminatnya di BSI KCP Teluk Kuantan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerapan akad murabahah pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan, serta untuk mengetauhi bagaimana implementasi akad murabahah produk cicil emas di BSI KCP Teluk Kuantan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia KCP Teluk Kuantan. Informan penelitian ini adalah Pawning Sales Representatif (PSR), Bank Office (BO), Branch Operasional Service Manager (BOSM), dan Retail Sales Executive (RSE). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah pelaksanaan pembiayaan murabahah yang di lakukan BSI KCP Teluk Kuantan pada produk cicil emas sudah terlaksana dengan ketentuan yang berlaku, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembiayaan murabahah produk cicil emas yaitu faktor internal yang terdiri dari pegawai/SDM, kebijakan perusahaan, dan pemasaran. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari regulasi, media, dan minat nasabah. BSI KCP Teluk Kuantan selalu mengupayakan pelayanan yang baik dan hal tersebut dapat mempengaruhi pembiayaan murabahah pada nasabah dalam menggunakan produk-produknya terutama produk cicil emas. Pengimplentasian sistem produk cicil emas di BSI KCP Teluk Kuantan sudah sesuai dengan syari’at ajaran islam berdasarkan dengan fatwa DSN-MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000. Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Murabahah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTun Rustam, -2015028601tunrustham@gmail.com
Thesis advisorAhmad Hamdalah, -202907801ahmad.hamdalah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:04
Last Modified: 26 Jul 2024 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83550

Actions (login required)

View Item View Item