ANISA NURAINI, - (2024) PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM PEMBELIAN KARTU PAKET DATA INTERNET TELKOMSEL MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Perumahan Paradise). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV ANISA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN ANISA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
Abstract
Anisa Nuraini (2024): Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Masyarakat Dalam Pembelian Kartu Paket Data Internet Telkomsel Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Perumahan Paradise) Internet menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat secara umum. Pengguna internet yang terus bertambah membuat perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi berlomba-lomba untuk merilis Subscriber Identy Module yang berbasis teknologi GSM (Global System for Mobile Communications). Rumusan masalah penelitian adalah pertama pengaruh secara parsial, kedua pengaruh secara simultan, dan ketiga tinjauan ekonomi Islam. Jenis penelitan ini adalah kuantitatif dengan populasi jumlah masyarakat yang menggunakan kartu paket data internent telkomsel sebanyak 200 dan sampel 37. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, penyebaran kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25. Hasil yang diperoleh yaitu persamaan regresi linier berganda Y = 1,864 + 0,057 X1 + 0,493 X2 + 0,213X3. Secara parsial variabel harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel harga dengan nilai thitung 3,828 > ttabel 3,29 nilai signifikan 0,004 < 0,05 variabel promosi dengan nilai thitung 3.991 > ttabel 3.291 nilai signifikan 0,005< 0,05 dan variabel kualitas produk nilai thitung 4,036 > ttabel 3.291 nilai signifikan 0,008< 0,05. Secara simultan variabel harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung 35,488 > ftabel 3,22 nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan dalam koefisien R2 sebesar 0,793 atau 79,3 %. Menurut tinjauan Ekonomi Islam dalam firman Allah SWT dalam Al-Qur’an QS. Al-Hujurat:6 yang artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu. Sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka. Islam sangat menjunjung tinggi keadilan (al- „adl), termasuk dalam penentuan harga. Nabi Muhammad SAW dengan tegas menyatakan bahwa seseorang penjual harus menjauhkan diri dari sumpah-sumpah yang berlebihan dalam menjual suatu barang. kualitas produksi adalah satu-satunya cara yang mubah yang mungkin diikuti produsen muslim dalam memproses produknya dan meraih keuntungan setinggi mungkin dengan biaya serendah mungkin. Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 05:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 05:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83545 |
Actions (login required)
View Item |