Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DESA OLEH KEPALA DESA KIAB JAYA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus Di Desa Kiab Jaya, Kabupaten Pelalawan)

LAILI NUR AFIFAH, - (2024) TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DESA OLEH KEPALA DESA KIAB JAYA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus Di Desa Kiab Jaya, Kabupaten Pelalawan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LAILI NUR AFIFAH.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

ABSTRAK Laili Nur Afifah, (2024): TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DESA OLEH KEPALA DESA KIAB JAYA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi Kasus Di Desa Kiab Jaya, Kabupaten Pelalawan) Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang diaturnya ketentuan mengenai pengelolaan dana Desa di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018, menegaskan dalam Pasal 72 yang menjelaskan bahwa “Laporan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan Desa disampaikan kepada masyarakat Desa melalui media informasi, dan dilanjutkan di Pasal 72 ayat (2) dijelaskan pula bahwa laporan itu sedikitnya memuat antara lain laporan realisasi APBDesa, laporan realisasi kegiatan, kegiatan yang belum selesai dan/atau tidak terlaksana, sisa anggaran, dan alamat pengaduan. Salah satu prinsip tata kelola pemerintah yang baik yaitu transparansi. Transparansi merupakan salah satu prinsip yang dapat menjamin akses atau kebebasan bagi seluruh masyarakat untuk memperoleh informasi. Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Transparansi Laporan Keuangan Desa oleh Kepala Desa Kiab Jaya berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Apa Faktor Penghambat yang di hadapi pemerintahan Desa Kiab Jaya dalam Pelaksanaan Transparansi Laporan Keuangan Desa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pelaksanaan Laporan Keuangan Desa oleh Kepala Desa Kiab Jaya dan Untuk mengetahui Apa Faktor Penghambat yang di hadapi pemerintahan Desa Kiab Jaya dalam Transparansi Laporan Keuangan Desa. Jenis yang digunakan adalah penelitian Hukum Sosiologis. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data sekunder yaitu data yang digunakan oleh peneliti berupa rujukan dari buku-buku, jurnal, dan skripsi,sumber data primer yaitu Kepala Desa Kiab Jaya, Perangkat Desa dan masyarakat sebagai informasi pendukung.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan laporan keuangan desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kiab Jaya sudah sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku serta melibatkan masyarakat mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penatausahaan,Namun, transparansi pengelolaan dana Desa pada Desa Kiab Jaya belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah Desa,dalam menyajikan akses keterbukaan informasi masyarakat terhadap penggunaan dana Desa, Sedangkan pernyataan laporan pertanggungjawaban yang paling penting untuk diketahui oleh masyarakat belum dilaksanakan secara maksimal. Kata Kunci :Pertanggungjawaban, Dana Desa, Desa Kiab Jaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASRIL2020047601asriluin@gmail.com
Thesis advisorMAHMUZAR2026047606mahmuzar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:52
Last Modified: 26 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83525

Actions (login required)

View Item View Item