Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Metode Talaqqi dan Ummi Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Siswa Di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru II

BENNI HARIANTO, - (2024) Implementasi Metode Talaqqi dan Ummi Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Siswa Di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru II. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

ABSTRAK Benni Harianto 2024: Implementasi Metode Talaqqi dan Ummi Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Siswa Di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru II Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi dan ummi di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru ll dan ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat hafalan siswa serta ingin mengetahui kesiapan siswa dan guru dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi dan ummi .Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, displey data, dan verifikasi data. Analisis data tersebut bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru ll.Kesimpulan dari penelitian, Implementasi berupa perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru ll sudah cukup baik tapi ada beberapa yang perlu diperhatikan dari implementasi pembelajaran pertama, sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru harus menyiapkan perangkat ajar sperti RPP dan Silabus. Kedua pada saat proses pembelajaran denah kursi yang seharusnya tidak sesuai dengan yang terjadi pada saat proses pembelajaran.Faktor pendudkung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran di SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru ll Faktor penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dating dari kesiapan siswa dan guru dalam belajar, motivasi dan karakteristik siswa itu sendiri dan alokasi waktu pembelajaran yang sangat sedikit. Faktor pendukungnya adalah diri sendiri, kemauan siswa dalam belajar, guru, lingkungan sekolah dan sarana dan prasarana yang menunjang pada pembelajaran membaca Al-Qur’an itu sendiri. Ketiga keberhasilan siswa dalam membaca Al-Qur’an sudah cukup baik dari yang tadinya mereka kurang paham sekarang sudah lebih paham lagi terutama dalam hukum bacaan dan juga hafalan siswa yang meningkat. Kata kunci : Metode, Talaqqi dan Ummi, Hafalan

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlfiah2021066801Alfiah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAsmuri200508751asmuri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:30
Last Modified: 25 Jul 2024 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83515

Actions (login required)

View Item View Item