Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SELF HEALING DALAM AL-QUR’AN ( KAJIAN ATAS KISAH MARYAM)

Eka Putri Sri Riski, Eka (2024) SELF HEALING DALAM AL-QUR’AN ( KAJIAN ATAS KISAH MARYAM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang self healing dalam Al-Qur’an (Kajian atas Kisah Maryam). Al-Qur’an merupakan pedoman dalam segala aspek kehidupan yang bisa memberikan solusi atas segala permasalahan hidup manusia itu sendiri. Salah satu kisah yang terdapat dalam al-Qur’an yaitu kisah Maryam yang di ceritakan dalam QS. Maryam: 16-30, bagaimana Maryam menghadapi ujian hidupnya yang sangat berpengaruh terhadap mental emosionalnya. Maka diperlukan pendekatan secara kontekstual baik dari segi pengendalian diri atau penyembuhan diri (self healing) yang dilakukan oleh Maryam. Tujuan penelitian untuk menemukan pemaknaan konteks self healing yang ada dalam kisah Maryam. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penafsiran ayat tentang kisah Maryam dalam Al-Qur’an dan apa saja bentuk self healing yang ada dalam kisah Maryam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode maudhu’i dengan pendekatan kontekstual yang lebih berorientasi pada konteks pembaca di mana ia hidup maupun berada saat itu, dengan pengalaman budaya, sejarah, dan sosialnya sendiri. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu dijelaskan bahwa ada beberapa konteks self healing pada kisah Maryam yakni zikir dengan meminta pertolongan Allah ketika bertemu malaikat Jibril yang menyerupai seorang lelaki yang sempurna , self compassion (penerimaan diri) berupa lapang dada dan ridha atas berita dan ketetapan dari Allah SWT yang ia terima yakni mengandung dan melahirkan seorang anak tanpa adanya sosok suami, menyendiri dengan mengasingkan diri yakni Maryam menjauh pergi ke tempat yang jauh dari kerabatnya dan umatnya, pengendalian emosi yakni ketika Maryam kesakitan dalam proses melahirkan, dan sabar dalam menjalankan ujian dan perintah dari Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFIKRI MAHMUD2001016802-
Thesis advisorLAILA SARI MASYHUR2027027902laila.masyhur@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: Self Healing, Maryam, Al-Qur’an
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:20
Last Modified: 26 Jul 2024 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83509

Actions (login required)

View Item View Item