PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sunarmi, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011555.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah pada penelitian ini penrerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi motif dan prinsip ekonomi siswa kelas VII Madarasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi motif dan prinsip ekonomi siswa kelas VII Madarasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi motif dan prinsip ekonomi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menganalisis aktivitas guru menggunakan data interval, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan rumus: 100 1 2   NN K . Berhasilnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, II dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 9 orang (45,00) siswa yang tuntas, Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 12 orang (60,00%) siswa yang tuntas. Pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (70,00%). Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 18 orang siswa (90,00%) yang tuntas atau memperoleh nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 65. artinya ketuntasan siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi motif dan prinsip ekonomi siswa kelas VII Madarasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:28
Last Modified: 14 Jan 2016 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item View Item