Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA BERBASIS SYARIAH ENTERPRISE THEORY (Desa Kepayang Sari Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu)

ARIEF ULFA UGANDA, - (2024) AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA BERBASIS SYARIAH ENTERPRISE THEORY (Desa Kepayang Sari Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Arief Ulfa Uganda (2024) : Akuntabilitas Pengelolaan Dana DESA Berbasis Syariah Enterprise Theory (Desa Kepayang Sari Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu) Tujuan peneliti ini mengupas tentang pengelolaan dana desa sebagai bagian integral dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Secara khusus mengkaji pengelolaan dana desa di Desa Kepayang Sari Kabupaten Indragiri Hulu dengan menggunakan pendekatan Syariah Enterprise Theory, dan mengkaji akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa berbasis syariah enterprise theory untuk mewujudkan good governance di Desa Kepayang Sari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui metoda wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal dan buku. Adapun analisis data yang digunakan terdiri dari: mengumpulkan data noema dan noesis, reduksi data, analisis korelasi antara noesis dan noema, dan pemaknaan dalam bentuk kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan desa di Desa Kepayang Sari sudah memenuhi prinsip akuntabilitas dengan baik, karena di jalankan berdasarkan aturan-aturan yang berlaku. Hal ini dibuktikan dari pengelolaan dana desa yang diawali dengan musrembangdes yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan desa. Selain itu, pemerintah Desa Kepayang Sari juga menanamkan nilai-nilai spiritual dalam pengelolaan dana desa serta menyadari pertanggungawaban secara vertikal kepada Allah SWT, dan secara horizontal kepada manusia dan alam sesuai dengan prinsip syariah theory. Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan Desa, Syariah Enterprise Theory, Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAmrul Muzan, -2027027701muzan1977@yahoo.com
Thesis advisorMusrifah, -2010079101musrifah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:02
Last Modified: 25 Jul 2024 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83491

Actions (login required)

View Item View Item