Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKREDITASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU

REZKY ADLINA, - (2024) AKREDITASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rezky Adlina, (2024) : Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akreditasi sekolah dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar islam terpadu fadhilah pekanbaru, serta faktor pendukung dan penghambat dalam akreditasi sekolah dan peningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang terdapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa akreditasi sekolah di SDIT Fadhilah Pekanbaru sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Pelaksanaan akreditasi dimulai dari sosialisasi IASP, asesmen kecukupan akreditasi, visitasi kesekolah, validasi proses dan hasil visitasi, verifikasi hasil dan penyusunan rekomendasi, pengumuman hasil akreditasi, penerbitan sertifikat akreditasi dan hasil rekomendasi. Hasil akreditasi yang diperoleh SDIT Fadhilah Pekanbaru dengan nilai akhir 94 berpredikat A (Unggul). Adapun tindak lanjut berupa program peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan komponen standar nasional pendidikan (SNP). Hal ini dapat dilihat dari segi standar mutu pendidikan yang dirumuskan pada standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian serta program kerja yang terlaksana dengan baik dari waktu ke waktu. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan akreditasi dan peningkatan mutu pendidikan adalah Keefektifan kepemimpinan kepala sekolah, Partisipasi dan rasa tanggung jawab guru dan staf, proses belajar dan mengajar yang efektif, memiliki visi misi yang jelas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kerjasama keterlibatan seluruh stakeholder. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akreditasi sekolah dan peningkatan mutu pendidikan, serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan akreditasi sekolah dan peningkatan mutu pendidikan. Kata Kunci: Akreditasi Sekolah, Mutu Pendidikan, Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalfen Hasri,, -2010026201,salfen.hasri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:11
Last Modified: 25 Jul 2024 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83488

Actions (login required)

View Item View Item