Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

WIDIA YULISTIANA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDIA YULISTIANA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widia Yulistiana, (2024): Pengembangan Modul Berbasis Realistic Matematic Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul berbasis realistic matematic education untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar. Objek penelitian ini adalah modul berbasis realistic matematic education untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Instrumen pengumpulan data berupa Angket dan Tes hasil belajar Siswa. Untuk mengetahui kelayakan produk peneliti menyebar angket kepada ahli materi dan ahli teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, modul berbasis berbasis realistic matematic education dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,50%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 siswa diperoleh bahwa modul berbasis berbasis realistic matematic education dinyatakan sangat praktis dengan persentse tingkat kepraktisan 85,80% dan untuk kelompok terbatas yaitu 88,40%. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai U_hitung < U_tabel yaitu (98<106), sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul matematika berbasis realistic matematic education yang telah dikembangkan ini memiliki dampak terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah Valid, Praktis dan Efektif. Kata Kunci: Modul , Model Realistic Matematic Education, Kemampuan Komunikasi Matematis,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrma Fitri, -2029059001irma.fitri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:53
Last Modified: 24 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83425

Actions (login required)

View Item View Item