Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Kelekatan Orang Tua dan Teman Sebaya dengan Kekuatan Karakter (Character Strength) pada Remaja Madya di Pekanbaru

Febrina Hani Zarida, - (2024) Hubungan Kelekatan Orang Tua dan Teman Sebaya dengan Kekuatan Karakter (Character Strength) pada Remaja Madya di Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV ok.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB IV ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan yang terjadi pada masa remaja memberi peluang untuk melakukan perilaku berisiko yang dapat mengancam masa depan serta kehidupan psikososial mereka. Dalam menghadapi perilaku berisiko tersebut penting bagi remaja untuk mengembangkan pribadi yang positif dan faktor pelindung dalam diri. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dengan memperhatikan kekuatan karakter. Penelitian ini menguji hubungan kelekatan orang tua dan teman sebaya dengan kekuatan karakter pada remaja madya di Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 365 remaja madya di Pekanbaru yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Koefisien reliabilitas skala kekuatan karakter 0,955, kelekatan orang tua dan teman sebaya 0,944. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatnya hubungan yang signifikan antara kelekatan orang tua dan teman sebaya dengan kekuatan karakter pada remaja madya dengan nilai nilai koefisien korelasi (r)=0,507 dengan signifikansi (p)=0,000 (<0,05). Temuan penelitian ini memperlihatkan variabel kelekatan orang tua dan teman sebaya memengaruhi kekuatan karakter dengan nilai R Square sebesar 25,7%. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan kelekatan orang tua dan teman sebaya menjadi faktor pembentuk kekuatan karakter. Kata kunci: kekuatan karakter, kelekatan orang tua dan teman sebaya, remaja madya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHirmaningsih, -2015037302hirmaningsihhirmaningsih@gmail.com
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 23 Jul 2024 14:38
Last Modified: 23 Jul 2024 14:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83406

Actions (login required)

View Item View Item