PENERAPAN METODE PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MURID KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Murna Yusneli, (2011) PENERAPAN METODE PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MURID KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011553.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode penugasan dapat meningkatkan kemampuan kerjasama belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kegiatan ekonomi murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid Kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah murid sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode penugasan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kegiatan ekonomi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan data interval dari paling rendah hingga paling tinggi. Hasil pengamatan pada sebelum tindakan kemampuan kerjasama belajar murid kelas V tergolong “Rendah” dengan rata-rata persentase 49,35%. Pada siklus I tergolong “Cukup”, dengan rata-rata persentase 62,66%. Walaupun kemampuan kerjasama murid dalam belajar pada siklus I tergolong cukup, namun rata-rata persentase kemampuan kerjasama murid dalam belajar pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu 75%. Sedangkan pada siklus II kemampuan kerjasama murid dalam belajar telah tergolong “Baik” dengan rata-rata persentase 76,62%. Dengan demikian rata-rata persentase kemampuan kerjasama murid dalam belajar pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode penugasan dapat meningkatkan kemampuan kerjasama belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kegiatan ekonomi murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:26
Last Modified: 14 Jan 2016 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item