Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA MADRASAH ALIYAH

ETSYA PUTRI DWI MAHARANI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Etsya Putri Dwi Maharani, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Problem x Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self confidence siswa madrasah aliyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAN 3 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self confidence, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem solving dengan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving memiliki pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence siswa madrasah aliyah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Confidence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULKIFLI NELSON, -: 2009076301Zulkifli.nelson@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:29
Last Modified: 24 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83395

Actions (login required)

View Item View Item