FITRI KHAIRUN NISA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Khairun Nisa (2024) : Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terlipih kelas VII.10 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran aktif tipe Card Sort, dan kelas VII.8 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari F hitung , yaitu 12,04 > 4,02; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari F hitung > F tabel, yaitu 79,91 > 3,168; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran aktif tipe Card Sort dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari F hitung < F tabel , yaitu -4,85 < 3,168. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe Card Sort terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematika siswa, namun tidak terdapat interaksi di antaranya. Kata Kunci: Tipe Card Sort, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:16 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:16 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83391 |
Actions (login required)
View Item |