ERWIN, - (2024) IMPLEMENTASI MUTU LAYANAN DALAM MENINGKATKAN TRUST MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN DARUL HADITS SULTAN YAHYA SIAK. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS ERWIN.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
Abstract
ABSTRAK Erwin : “Implementasi Mutu Layanan Dalam Meningkatkan Trust Masyarakat di Pondok Pesantren Darul Hadits Sultan Yahya Siak” Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementsi mutu layanan di Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak. 2) Untuk mengetahui trust masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak. 3) Untuk mengetahui implementsi mutu layanan dalam meningkatkan trust masyarakat di Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak. 4) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi mutu di Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kemudian verifikasi atau menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementsi mutu layanan di Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak sudah menerapkan Standar Operational Procedure (SOP) internal pondok. Diantaranya yang telah diterapkan yaitu pertama identifikasi kebutuhan santri, kedua menerapkan standar untuk kurikulum, pengajaran, fasilitas, dan kegiatan ekstrakulikuler. Ketiga melakasanakan monitoring dan evaluasi. (2) trust masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak masih tinggi yang dapat dilihat dari masih tingginya minat masyarakat memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren Darul Hadist. (3) Diantara mutu layanan yang diterapkan untuk meningkatkan trust masyarakat oleh Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya Siak yaitu peningkatan pada mutu kurikulum mata pelajaran hadist sebagai pelajaran utama.(4) Kendala yang dihadapi dalam implementasi mutu layanan diantaranya yaitu, pertama kurangnya SDM yang ahli bidangnya, terutama ahli hadits. Kedua fasilitas yang belum lengkap, sehingga membuat mutu layanan belum bisa diterapkan secara optimal. Ketiga komunikasi layanan yang belum terkoordinasi dengan baik antara pimpinan, majelis guru, dan Yayasan. Kata Kunci: Implementasi, Mutu Layanan, Trust Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83385 |
Actions (login required)
View Item |