RADHIYATUL FITHRI, - (2024) IMPLEMENTASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA KURIKULUM MERDEKA DIMADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI RADHIYATUL FITHRI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Radhiyatul Fithri (2024) Implementasi Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Islam Pada Kurikulum Merdeka Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi Konsep Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Islam Pada Kurikulum Merdeka Di Madrasah Tsawiyah Negeri Se-Kota Pekanbaru. Faktor apa yang mendukung Implementasi konsep hasil belajar siswa dalam Pendidikan islam pada kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-kota Pekanbaru 3) Faktor apa yang menghambat implementasi Implementasi konsep hasil belajar siswa dalam Pendidikan islam pada kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu analisis dan interpretasi yang dilakukan secara kritis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi konsep hasil belajar siswa dalam penddikan islam pada Kurikulum Mardeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Pekanbaru dari segi pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum Merdeka secara umum berada dalam kategori cukup efektif/sedang, sementara dari segi pelaksanaan kurikulum Merdeka berada dalam kategori baik dan hasil belajar siswa dalam implementasi kurikulum Merdeka berada dalam kategori sangat baik. Faktor yang pendukung implementasi konsep hasil belajar siswa dalam penddikan islam pada Kurikulum Mardeka pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se- Kota Pekanbaru adalah Pertama, Pelatihan dan Pengembangan Profesional Guru. Kedua, Motivasi dan Keterlibatan Siswa. Ketiga, Pembelajaran Kolaboratif, Keempat, Pengakuan atas Keberagaman Siswa. Kelima, Kemandirian dalam Pembelajaran. Keenam, Ketersediaan Sumber Daya Pembelajaran. Ketujuh, Dukungan Kepemimpinan Sekolah. Kedelapan, Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat. Kesembilan, Evaluasi dan Umpan Balik Konstruktif. Sementara faktor penghambat implementasi konsep hasil belajar siswa dalam penddikan islam pada Kurikulum Mardeka pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Pekanbaru yaitu Pertama, Kesiapan Guru. Kedua, Minat dan Motivasi Belajar Siswa yang Rendah. Ketiga, Ketidakmampuan Siswa dalam Berkolaborasi, Keempat, Kesulitan Siswa dalam Mengatur Waktu dan Tugas. Kelima, Kurangnya Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Keenam, Keterbatasan Sumber Daya. Ketujuh, Perubahan Paradigma Pembelajaran. Kedelapan, Kondisi Lingkungan Pembelajaran. Kesembilan, Keterbatasan Waktu. Kesepuluh, Penilaian yang Tidak Sesuai. Kesebelas, Kuurangnya Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat. Keduabelas, Kurangnya Dukungan dan Kepemimpinan Sekolah. Ketigabelas, Kurangnya Dukungan Masyarakat.. xviii Temuan baru dalam penelitian ini adalah Pertama,, Pemahaman Guru tentang hasil belajar. Kedua,. Strategi Pembelajaran Inovatif yang Sesuai dengan Kurikulum Merdeka, Ketiga, Penguatan Penggunaan Metode Penilaian Autentik . Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83371 |
Actions (login required)
View Item |