Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

ZULIA NISA, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULIA NISA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zulia Nisa (2024): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Metode Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Persamaan Lingkaran. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kebutuhan dari siswa terhadap contoh LKS yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep belajar persamaan lingkaran matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah mengacu pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis metode realistic mathematic education (RME) yang valid, praktis, dan efektif pada materi persamaan lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MA Diniyah Puteri Pekanbaru pada semester ganjil pada tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah validator yang berasal dari dosen dan guru serta siswa kelas XI MA Diniyah Puteri Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan RME pada materi Persamaan Lingkaran. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan soal post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan RME yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat valid dengan rata-rata validitas keseluruhan 0,852, sangat praktis pada kelompok kecil dengan presentase keidealan 80,47%, dan sangat praktis pada kelompok terbatas dengan presentase 89,4%. Selanjutnya, untuk efektivitas LKS diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 4,2064≤2,0345, sehungga H_a diterima H_oditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan metode RME pada materi persamaan lingkaran ini telah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Metode Realistic Mathematic Education, Persamaan Lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:56
Last Modified: 24 Jul 2024 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83363

Actions (login required)

View Item View Item