Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PELAYANAN FRONTLINER BERBASIS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)DI BANK RIAU KEPRI SYARIAH KANTOR KAS SUKADAMAI TALUK KUANTAN

IWAY ISWAYANTI, - (2024) PENERAPAN PELAYANAN FRONTLINER BERBASIS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)DI BANK RIAU KEPRI SYARIAH KANTOR KAS SUKADAMAI TALUK KUANTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

Penulisan laporan ini di latarbelakangi oleh banyak keadaan yang menimbulkan masalah dalam pelayanan seperti staf-stafnya yang tidak ramah saat melayani, ruangan tidak bersih, sebagai akibat pelayanan yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan para nasabah. Permasalahan dalam laporan akhir ini adalah bagaimana penerapan pelayanan frontliner berbasis Standar Operasional Prosedur(SOP) dan apa saja kendala dalam penerapan pelayanan frontliner berbasis Standar Operasional Prosedur(SOP) pada Bank Riau Kepri Syariah Kantor Kas Sukadamai Taluk Kuantan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pelayanan frontliner berbasis Standar Operasional Prosedur (SOP ) dan Untuk mengetahui kendala dalam penerapan frontliner pelayanan berbasis Standar Operasional Prosedur(SOP) yang ada di Bank Riau Kepri Syariah Kantor Kas Sukadamai Taluk kuantan. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). Sumber yang di pakai meliputi sumber Primer yaitu sumber yang diperoleh secara langsung dari wawancara kepada Pimpinan Kas,customer service,Teller,dan Satpam Bank Riau Kepri Syariah Kantor Kas Sukadamai dan sumber Sekunder yaitu seperti buku SOP serta diperoleh dari literatur kepustakaan, seperti buku-buku, website ,jurnal dan artikel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu ada 4 orang terdiri dari informan utama yaitu pimpinan kas,customer service,teller sedangkan informan pendukung yaitu satpam. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagian pegawai yang terdiri dari empat pegawai tiga di antaranya sudah memberikan pelayanan sesuai dengan SOP, hanya saja masih ada satu pegawai yang belum melakukan pelayanan sesuai dengan SOP sepeti kurang ramah saat melayani nasabah dan kurang cekatan dalam melayani nasabah. Sehingga hal tersebut membuat pegawai mendapat banyak keluhan dari nasabah tentang pelayanan yang diberikan kurang optimal. Kendala yang di hadapi saat menerapkan pelayanan yaitu kurangnya tenaga kerja dan sering terjadinya error system.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarnilawati, -2020047902darnilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:05
Last Modified: 23 Jul 2024 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83347

Actions (login required)

View Item View Item