Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN KADAR PIGMEN MICROGREEN KUBIS MERAH (BRASSICA OLERACEA L. VAR. CAPITATA) DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA PADA MEDIA TANAM BERBEDA

BELLA DARSA FITRI, - (2024) PERTUMBUHAN DAN KADAR PIGMEN MICROGREEN KUBIS MERAH (BRASSICA OLERACEA L. VAR. CAPITATA) DENGAN PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA PADA MEDIA TANAM BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Microgreen memiliki kandungan vitamin dan nutrisi 4-40 kali lebih banyak dibandingkan tanaman dewasa. Perlakuan media tanam berbeda dengan pemberian ekstrak lidah buaya diduga akan meningkatkan pertumbuhan dan kandungan pigmen yang terdapat dalam microgreen kubis merah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media tanam terbaik, konsentrasi ekstrak lidah buaya terbaik, serta interaksi media tanam dan ekstrak lidah buaya yang terbaik pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan kadar pigmen microgreen kubis merah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Padang Mutung, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Riau untuk kegiatan budidaya, Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Fakultas Pertanian dan Peternakan, serta Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau untuk ekstraksi dan analisis dengan spektofotometri. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2024. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 2 faktor yaitu media tanam (cocopeat dan rockwool) dan konsentrasi ekstrak lidah buaya (0%, 10%, 20% dan 30%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tanam rockwool dapat meningkatkan tinggi tanaman dan kandungan klorofil total microgreen kubis merah. Konsentrasi 10% ekstrak lidah buaya dapat meningkatkan kandungan antosianin microgreen kubis merah. Konsentrasi 0% ekstrak lidah buaya pada media rockwool dan konsentrasi 10% ekstrak lidah buaya pada media cocopeat mampu meningkatkan berat basah microgreen kubis merah per wadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAulia Rani Annisava, -2016088401auliarani.dda@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:10
Last Modified: 23 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83346

Actions (login required)

View Item View Item