Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS LAYANAN PORTAL AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL DAN QFD

Kasman, Kasman and Zarnelly, - (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PORTAL AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL DAN QFD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Bab I II III & V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK - Sistem informasi Akademik adalah suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan admin istrasi Akademik di kampus. Universitas Riau merupakan instansi pendidikan perguruan tinggi negeri yang bergerak dibidang pelayanan jasa pendidikan. Permasalahan yang sering muncul pada saat mahasiswa menggunakan Portal Akademik, mahasiswa masih kurang puas terhadap kualitas sistem Portal Akademik yang diberikan. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Portal Akademik, memberikan rekomendasi terhadap kualitas layanan Portal Akademik. Metode Penelitian ini memakai pendekatan SERVQUAL dan QFD, Metode penelitian berisi langkah-langkah yang digunakan dalam Penulisan Laporan Tugas Akhir agar terstruktur dengan baik. Hasil dari penelitian ini Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap variabel keandalan adalah 61,75%, tingkat kepuasan terhadap variabel efisien adalah 61,39%, tingkat kepuasan terhadap variabel keamanan adalah 77,10%, dan tingkat kepuasan terhadap variabel daya tanggap adalah 60,69%. Dengan demikian kesimpulan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Portal Akademik adalah 65,23. Berdasarkan matriks QFD atribut harapan mampu mengatasi keresahan mahasiswa terhadap layanan Portal Akademik. Dengan demikian upaya perbaikan yang perlu diutamakan untuk dilakukan oleh pihak manajemen agar dapat meningkatkan kualitas layanan Portal Akademik adalah atribut K1 hingga K17. Kata Kunci: Analisis, Portal Akademik, Kepuasan, Servqual dan QFD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZARNELLY200509710zarnelly@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:14
Last Modified: 24 Jul 2024 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83342

Actions (login required)

View Item View Item