Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TINGKAT MARGIN DAN PROSES PENCAIRAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP PEKANBARU SUDIRMAN ATAS

SONIA RAMADHANI, - (2024) PENGARUH TINGKAT MARGIN DAN PROSES PENCAIRAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP PEKANBARU SUDIRMAN ATAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya jumlah nasabah yang mengambil pembiayaan murabahah ketika penetapan tingkat margin dan proses pencairan relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat margin dan proses pencairan pembiayaan terhadap keputusan nasabah dalam mengambil pembiayaan murabahah di (BSI) KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Pembiayaan murabahah merupakan salah satu produk utama bank syariah yang menawarkan pembiayaan berbasis jual beli dengan margin keuntungan yang disepakati. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 76 responden. Teknik pengambilan sampel menggunkan teknik purposive sampling. Data primer yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Teknik Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi parsial (t), uji simultan (f), dan uji determinasi yang diuji menggunakan SPSS 26 dan Excel 2019. Berdasarkan hasil uji t variabel tingkat margin diperoleh t hitung (4,928) ttabel (1,993) dengan nilai signifikan sebesar 0,00>0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan tingkat margin berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah pada pembiayaan murabahah (BSI) KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Sedangkan hasil penelitian proses pencairan pembiayaan diperoleh thitung (0,649) ttabel (1,993) dengan nilai signifikan sebesar 0,518> 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat margin dan proses pencairan pembiayaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah pada pembiayaan murabahah (BSI) KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Ini menunjukkan bahwa tingkat margin dan proses pencairan pembiayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan pembiayaan murabahah. Secara simultan (f) diperoleh bahwa nilai f hitung sebesar 15,739> tabel 2,34 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat margin dan proses pencairan pembiayaan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan nasabah pada pembiayaan murabahah BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas. Sedangkan hasiL koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai R Square sebesar 0,301dan Adjust R Square sebesar 0.282 yang berarti kontribusi variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 28,2% sedangkan sisanya sebesar 71,8 % dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor.Jonnius, -2016066803jonnius68@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:53
Last Modified: 24 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83326

Actions (login required)

View Item View Item