Tri Ahmad Zainuddin S, - (2024) Penerapan Model Diskursus Multy Reprecentacy Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Konsep Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas V SDIT Zaid Bin Tsabit. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tri Ahmad Zainuddin S (2024) : Penerapan Model Diskursus Multy Reprecentacy Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Konsep Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas V SDIT Zaid Bin Tsabit Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPA melalui penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy pada siswa kelas V SDIT Zaid Bin Tsabit. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah keterampilan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui penerapan Model Diskursus Multy Reprecentacy pada siswa kelas V SDIT Zaid Bin Tsabit?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 25 orang kelas V SDIT Zaid Bin Tsabit. Sedangkan objek dalam penelitian ini merupakan penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy dapat meningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa pada Muatan Pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis dekskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy untuk Meningkatkan Pemahaman konsep siswa pada Tema Ekosistem di Kelas V SDIT Zaid Bin Tsabit Kabupaten Pelalawan yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, menunjukkan adanya peningkatan. Pada pra siklus pemahaman konsep siswa memperoleh rata-rata persentase secara klasikal adalah 42,71%, angka ini berada pada rentang 41-60% dengan kategori kurang baik. Pada siklus I Pertemuan 1 pemahaman konsep siswa memperoleh nilai 43,71%, angka ini berada pada rentang 41-60% dengan kategori kurang baik. Pada siklus I Pertemuan 2 pemahaman konsep siswa memperoleh nilai 64,57%, angka ini berada pada rentang 61-80% dengan kategori cukup baik. Siklus II pemahaman konsep siswa meningkat, pada siklus II Pertemuan 3 pemahaman konsep siswa memperoleh nilai 81,14%, angka ini berada pada rentang 81-100% dengan kategori baik. Pada siklus II Pertemuan 4 pemahaman konsep siswa memperoleh nilai 86,14%, angka ini berada pada rentang 81-100% dengan kategori baik. Kata Kunci : Penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy Pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:05 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:06 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83314 |
Actions (login required)
View Item |