FARRELINO ALFARIZI, -
(2024)
ANALISA KUALITAS LAYANAN MARKETPLACE FACEBOOK TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL.
Jurnal INOVTEK Polbeng, 9 (1).
ISSN 2527-9866
Abstract
Pada tahun 2016, fitur baru Marketplace diluncurkan di aplikasi Facebook. Sesuai namanya, ini adalah pasar online yang melayani berbagai transaksi jual beli penggunanya. Meskipun begitu, Marketplace Facebook masih belum menjadi pilihan utama oleh para pengguna yang ingin berbelanja online. Adapun latar belakang untuk penelitian ini yaitu ditemukannya beberapa permasalahan oleh pengguna Marketplace Facebook seperti ketika ingin mencari produk, beberapa produk tidak muncul. Lalu fitur yang ada di Marketplace Facebook dirasa masih kurang dibandingkan dengan E-Commerce lain, seperti tidak adanya fitur live, fitur keranjang, dan fitur tracking barang. Penelitian ini juga dirasa penting untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap layanan yang ada di Marketplace Facebook, dan juga agar mengetahui variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada sampel sebanyak 95 orang, dengan studi kasus dari penelitian ini yaitu Grup Lapak Online Perawang. Untuk pengolahan datanya dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SMART-PLS 4. Menurut hasil, didapat sebuah kesimpulan bahwa ada 5 variabel yang memiliki hubungan secara signifikan dan dianggap telah memenuhi harapan, yaitu Variabel Fulfillment, Contact, Privacy, Responsivness dan Efficiency. Sedangkan 2 Variabel lainnya yaitu Compensation, dan System Avaibility masih belum memenuhi harapan pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna masih cukup puas dan menawarkan 2 rekomendasi perbaikan.
Actions (login required)
|
View Item |