Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN PENGHIMPUNAN DANA BANK TERHADAP PENDAPATAN BANK MEGA SYARIAH INDONESIA

RISA ARIANI, - (2024) PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN PENGHIMPUNAN DANA BANK TERHADAP PENDAPATAN BANK MEGA SYARIAH INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISA ARIANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

ABSTRAK Risa Ariani, (2024 ): Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil dan Penghimpunan Dana Bank terhadap Pendapatan Bank Mega Syariah Indonesia Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi di Bank Mega Syariah Indonesia yang menunjukkan bahwa pembiayaan bagi hasil dan penghimpunan dana yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sementara pendapatan yang diperoleh justru menurun. Hal ini bertolak belakang dengan teori yang menyatakan bahwa ketika pembiayaan atau penghimpunan dana meningkat, maka pendapatan juga akan meningkat. Untuk itu peneliti ingin melihat hubungan antara pembiayaan bagi hasil dan penghimpunan dana terhadap pendapatan pada Bank Mega Syariah. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah pembiayaan bagi hasil dan penghimpunan dana secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap pendapatan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pembiayaan bagi hasil dan penghimpunan dana terhadap pendapatan secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini adalah field research. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Populasi penelitian melibatkan seluruh data time series pembiayaan bagi hasil, penghimpunan dana, dan pendapatan Bank Mega Syariah Indonesia periode 2019-2023. Sampel penelitian diambil sebanyak 60 bulan sesuai dengan data yang layak di analisis. Data diperoleh melalui sumber data pendukung (sekunder) melibatkan buku-buku, hasil penelitian terdahulu, dan sumber informasi lainnya. Metode pengumpulan data melibatkan dokumentasi yang diperoleh dari data-data laporan keuangan bulanan Bank Mega Syariah Indonesia. Hasil penelitian regresi linier berganda menunjukan bahwa nilai pembiayaan bagi hasil sebesar 24,450 menunjukkan pengaruh yang positif terhadap pendapatan, dan nilai penghimpunan dana sebesar 458,785 menunjukkan pengaruh yang positif terhadap pendapatan. Secara parsial pembiayaan bagi hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi sebesar 0,534, dan penghimpunan dana tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi 0,102. Uji hipotesis secara simultan menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pembiayaan bagi hasil dan penghimpunan dana bank secara bersama-sama terhadap pendapatan dengan nilai signifikansi sebesar 0,033. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dengan masalah serupa dimasa yang akan datang. Kata kunci: Pembiayaan Bagi Hasil, Penghimpunan Dana, dan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAHPAWI,, --syahpawi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorNurlaili, --nurlaili@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:26
Last Modified: 22 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/83242

Actions (login required)

View Item View Item